Cara Membuat Donat Goreng Empuk

cara membuat donat gorengTulisan Cara Membuat Donat Goreng Ini Berisi Enam Tahap Berikut:

1. Bahan bahan membuat donat Goreng.
2. Cara mengadon bahan donat.
3. Cara Membuat Donat Mengembang.
4. Cara Membentuk Donat.
5. Cara Menggoreng Donat.
6. Cara Membuat Toping Donat.

Bagaimana Cara Membuat Donat Goreng? Sulitkah Membuatnya? Tentu saja tidak karena bahan-bahannya ada tersedia di toko di sekitar anda. Dan prosesnya juga simpel.

1. Berikut ini adalah bahan-bahan membuat donat goreng.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Membuat Donat Goreng | Leave a comment

Dua Pendapat Tentang Asal Usul Donat (Sejarah Kue Donat)

sejarah donatAda dua pendapat tentang Asal-usul donat. Untuk lebih lanjut mari kita simak penjelasan yang ditulis di wikipedia Indonesia berikut ini:

Salah satu teori mengatakan donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda yang juga memopulerkan hidangan penutup lain, seperti: kue kering, pai krim dan pai buah (cobbler).

Menurut pendapat ini, Sejarah Kue Donat berasal dari Belanda. Kita tahu bahwa Amerika adalah the dream land, banyak pendatang, terutama dari eropa menuju kesana dengan maksud mendapatkan penghidupan yang layak. Nah, para imigran inilah yang membawa panganan bulat berlubang ini ke amerika.

Baca Selengkapnya

Posted in sejarah kue donat | Tagged | Leave a comment

Perjalanan Karir Raja Donat William Rosenberg; Pencipta Sejarah Donkin Donut (Dua)

William_RosenbergBaiklah… postingan kali ini adalah lanjutan dari: Perjalanan Karir Raja Donat William Rosenberg (Satu)  seorang pencipta sejarah donkin donut…. Selamat menyimak…

Setelah perang dunia kedua keadaan ekonomi Amerika masih depresi, William Rosenberg tidak bekerja lagi di perusaan. Dengan beberapa ribu dolar amerika hasil pinjaman, dia mulai berusaha mandiri, yaitu mengembangkan pengetahuannya tentang distribusi makanan. Dia memberanikan diri membuka perusahaan pertamanya yang bergerak di katering makanan.

Perusahaan pertamanya ini bertujuan menyediakan dan mengantar katering makan dan makanan ringan serta minuman kopi untuk para pekerja alias karyawan pabrik di pinggir kota Boston, Massachusetts, Amerika serikat. Dia membawa kateringnya dengan kendaraan van miliknya sendiri yang saat itu baru satu buah.

Baca Selengkapnya

Posted in Sejarah Donkin Donut | Leave a comment

Perjalanan Karir Raja Donat William Rosenberg; Pencipta Sejarah Donkin Donut (Satu)

donkin donutWilliam Rosenberg adalah sorang pengusaha donat sukses asal amrik alias negeri paman sam sana. Lelaki gigih ini adalah seorang Perintis Sejarah Donkin Donut.

Beliau hidup  antara 10 Juni 1916  sampai 22 September 2002. Dalam usia yang cukup muda yakni sekitar 31 tahun, dia sudah memberanikan diri untuk mendirikan lapak donat dan kopinya yang pertama yaitu Open Kettle pada tahun 1948 di Memorial Day pada tahun 1948.

Dan pada tahun 1950 dia merubah nama usahanya menjadi Donkin’ Donuts dengan tempat yang berbeda di amrik sana yaitu kota Quincy , Massachusetts.

Perjalanan karirnya sama seperti pebisnis sukses lainnya, yaitu berawal dari nol. Ia hidup di masa depresi berat keuangan amerika yang mengakibatkan keluarganya bangkrut karena kehilangan toko. Dan karena masalah itu pula, dia terpaksa putus sekolah. Dalam keadaan demikianlah dia mulai mengenali dunia kerja.

Baca Selengkapnya

Posted in Sejarah Donkin Donut | Tagged , | Leave a comment

Donat Yang Menggugah Selera

donat lezatKue Donat yang bahasa bulenya alias bahasa inggrisnya biasa disebut donuts ialah suatu makanan khas yang terbuat dari campuran terigu, campuran gula, telur ayam dan campuran mentega. Bentuknya seperti gelang bundar melingkar dengan lubang di tengahnya. Karena menggunakan bahan dasar gula maka donat memiliki rasa manis.

“Lubang pada donat berbentuk cincin dulunya dimaksudkan agar donat cepat matang sewaktu digoreng. Adonan donat yang tersisa sewaktu membuat donat berbentuk cincin sering dijual sebagai doughnut hole atau dicampurkan lagi ke dalam adonan untuk membuat donat baru.” (Sumber: Wikipedia)

Agar donat dapat mengembang dengan baik maka ia harus kita campur dengan ragi seperti kita  memperlakukan adonan ketika sedang membuat roti. Donat yang telah dicetak, dengan cetakan khusus membuat donat yang berbentuk bundar, lalu kita goreng selama 90 (Sembilan Puluh) detik.

Baca Selengkapnya

Posted in Cara Membuat Donat | Tagged | Leave a comment

Belajar Bikin Donat

donat chefDonat salah satu makanan favorit saya. Enak karena lembut dimulut dan ada mesesnya gitu. Trus bentuknya juga bikin penasaran, bulat ada lubang ditengah. Dan warnanya juga ceria rame gitu. Tapi saya tidak ingin beli punya orang terus. Saya maunya bikin sendiri gitu. Akan ada rasa senang dan bangga bila kita bisa membuat makanan yang kita sukai, betul ga?

Nah masalahnya adalah saya sudah lama belajar tapi kagak kunjung bisa-bisa bikin donat. Cari tulisan di internet tentang resep donat tapi setelah diterapkan, gagal. Coba lagi cari video di youtube, sayangnya videonya gak ada yang ngajarin yang bener. Udah cari di buku resep juga sama. Akhirnya saya putus asa, “Udahlah, gak usah bikin. beli aja”

Sejak saat itu, saya jadi tidak pernah mikirin bikin donat lagi. Cukup lama sih sy betah dalam keadaan demkian itu. Brtahun-tahun, lah. Saya tidak mau praktek karena pikir saya bakal gagal again an agen (inggris ancur, ya). namun setelah saya ketmu bibik saya induk upik, yang balek kampung hari raya alias lebaran keadaanpun berupah…

Baca Selengkapnya

Posted in Resep Donat | Tagged | Leave a comment

Suka Sama Donat

cinta donatAku sangat suka sama donat. Ia  Terbuat dari bahan dasar kentang yang mudah diperoleh di warung atau pasar tradisional di sekitar rumah. Cara buatnyapun mudah tidak ribet hanya butuh beberapa bahan seperti kentang, terigu, telur ayam, mentega putih, meseseres, gula halus, gula pasir, air putih, pengembang donat alias ragi donat (bisa diperoleh di toko rempah). Dengan bahan-bahan ini saya sudah bisa menciptkan donat kentang super lezat, cetar membahana banget hehehe…

Itu klau dilihat dari segi bahannya. Kalau dari segi pembuatannya juga saya suka. Super simpel. Cukup dicampurkan semua bahan itu jadi satu. Lalu diadon-adon agak lama. Trus hamparkan adonannya seperti tikar dengan menggelindingkan botol diatasnya.

Kalu cetak dengan bulatan lingkaran donat cukup dengan gelas dan tutup botol untuk lingkaran tengahnya. Terus saja begitu sampai kita tancapkan gelas dan tutup botol disetiap hamparan adonan tadi. Kemudia sisa adonannya kita hamparkan lagi dengan menggelindingkan botol diatasnya. Ukuran ketebalan hamparan silakan pilih: kalau tebal berarti donat kita akan besar. Bila tipis donat kita kecil gelembungnya. Semua tertantung selera.

Baca Selengkapnya

Posted in Donat | Leave a comment

Donat: Masuk dan Berkembang di Indonesia

donat indonesiaHmm… apakah anda tahu kapan donat masuk ke Indonesia? Yup tepat sekali yaitu sekitar tahun 1968 sekitar dua puluh tahun lebih Indonesia merdeka.

Pertama kali, ini menurut bacaan sih, yang mudah-mudahan ada benarnya, yang buka lapak di Indonesia itu adalah American Donut. Waktu itu ada Jakarta Fair (alias Pekan Raya Jakarta kalo sekarang). Sejak waktu itulah, si empunya American Donut memiliki kebiasaan setahun sekali gelar tikar di PRJ sampe deh sekarang. Lo pade udah pernah liat belum standnya?

Kalo belum pernah sekali-kali mampir aja tuh, ya, okeh! Situ boleh tanya tuh same yang empunya sejarah gelar tikar di PRJ sampe memperkenalkan donat lebih luas ke masyarakat kita.

Baca Selengkapnya

Posted in Donat | Leave a comment

Donat Donkin Donuts yang Mendunia

donat menduniaDunkin ‘Donuts adalah perusahaan terbesar penyedia donat berskala internasional yang pernah ada. Pendirinya ialah William Rosenberg tepatnya pada tahun 1950 dengan lokasi pertama di Quincy, Massachusetts, USA/ Amerika.

Perusahaan ini mengaku sudah mendirikan 6,200 buah lebih restoran yang berbasis waralaba di seluruh penjuru dunia dan mengaku memiliki dua juta kepala yang mengunjunginya setiap hari. Wow super dahsyat!

Awalnya bukan Donkin Donuts namanya melainkan The Open Kettle. Pertama kali bisnisnya adalah mengirimkan donut dan minuman untuk layanan makan siang industri di daerah sekita Boston. Karena bisnis yang berkembang setiap saat, barulah pada tahun 1950 William Rosenberg membuka toko Dunkin ‘Donuts pertamanya di Quincy, Massachusetts, USA.

Baca Selengkapnya

Posted in Donat | Tagged | Leave a comment

Donat Aneka Rasa

donat aneka rasaDonat dapat dibuat dengan berbagai rasa. Anda bisa membuatnya menjadi rasa kentang, duren, nenas, nangka dan rasa lainnya. Cukup tambahkan bahan sesuai rasa yang anda inginkan. Misalnya bila anda ingin rasa kentang, maka tambahkan kentang kedalam adonannya.

Sediakan kentang setengah takaran berat dari bahan tepung terigu. Rebus kentang sampai matang lalu haluskan dengan penggiling, blender, parutan. atau seringan besi. Setelah itu berulah kentang siap dijadikan bagian dari adonan.

Anda juga bisa menggunakan duren sebagai bahan campuran. Kalo duren tidak perlu direbus dulu, langsung saja dihaluskan atau diblender. Sediakan seperempat dari jumlah berat bahan terigu. Atau lebih kurang dari itu untuk menghindari rasa duren yang terlalu kental.

Baca Selengkapnya

Posted in Donat | Leave a comment